Hai sobat blog...
Untuk menghasilkan tenaga yang besar serta torsi yang
meningkat pada mobil, biasanya mekanik atau tuner mulai melakukan perubahan
mesin atau engine swap. Pada dunia balap, engine swap memang menjadi pekerjaan
yang pasti dilakukan.
Tujuannya untuk memberikan tenaga yang maksimal serta
memudahkan dalam mengoprek mesin agar bisa dituning dan menghasilkan komposisi
yang sempurna.
Dalam dunia balap sendiri, khususnya di Indonesia,
beberapa mesin sudah menjadi pilihan para tuner. Setidaknya, ada lima mesin
yang sering digunakan oleh tuner dalam memaksimalkan kinerja di ruang
pembakaran.
Pemilihan tersebut juga dikarenakan selain gampang
dioprek, untuk ketersediaan suku cadangnya juga masih sangat melimpah. Kelima
mesin tersebut antara lain adalah Toyota 2JZ-GTE, Nissan RB26DETT, Mitsubishi
4G63T, Honda B16B dan Toyota 4AGE.
5 Mesin Mobil yang Sering Dipakai Balapan
1. Toyota 2JZ-GTE
Mesin 2JZ-GTE adalah varian 2JZ yang memiliki tenaga
paling besar dan menjadi favorit banyak orang di antara varian 2JZ lainnya.
2JZ-GTE dibuat untuk melawan RB26DETT yang sukses besar sejak awal
perilisannya.
Terdapat "Gentleman's Agreement" sehingga
Toyota mengklaim bahwa 2JZ-GTE hanya menghasilkan 280HP, padahal sejatinya mesin
tersebut mampu menghasilkan 320HP.
2JZ-GTE dapat menghasilkan torsi sebesar 427 Nm.
Akselerasinya pun sangat mengagumkan 0-100 km/h dapat dicapai di bawah 5 detik
hanya dengan kondisi mesin stock pabrikan.
Mesin 2JZ-GTE juga memiliki versi export yang mana
memiliki tenaga lebih besar dari versi Jepang. Hal tersebut dikarenakan
turbocharger baru yang terbuat dari stainless steel, camshaft baru serta injector
yang lebih besar. Sedangkan pada versi Jepang turbochargernya berbahan keramik.
Dan debit Injectornya pun lebih sedikit yakni 450cc/menit dibanding versi
export yang debit injectornya 550cc/menit.
Twin-Turbo 2JZ-GTE bekerja secara sequential yang artinya
turbo tekanan rendah akan bekerja di putaran bawah. Sedangkan saat putaran
tinggi maka akan memakai boost yang lebih tinggi.
Pada dasarnya, 2JZ-GTE menggunakan 2JZ-GE sebagai basis.
Engine block, connecting rod dan crankshaft nya sama. Hanya saja yang
membedakannya adalah pada penggunaan sequential twin turbochargers dan
air-to-air side-mounted intercoolernya.
2. Nissan RB26DETT
Inilah salah satu mesin paling terkenal di keluarga RB,
karena terpasang pada mobil dengan emblem paling ikonik dari Nissan, Skyline
GT-R. RB26 yang hanya tersedia pada versi twin turbo ini, mampu menghasilkan
tenaga serta torsi terbesar dari mesin RB sebelumnya, dengan tenaga maksimum
(yang tercatat) sekitar 276hp@6800rpm dan torsi 392nm4400rpm.
Kelebihan utama dari mesin ganas ini selain kekuatannya,
adalah kemudahan dalam menambah tenaganya. Hanya dengan melakukan “sedikit”
modifikasi, angka 600hp bukanlah hal yang sulit
Bukti lain kegilaan mesin RB26DETT adalah kekuatannya.
Sama seperti 2JZ, dengan melakukan modifikasi ekstrem di jeroan mesin serta
memasang konversi menjadi turbocharger tunggal, angka 1000hp seperti yang
terpasang di mobil drag HKS R33 menjadi bukti konkret kehebatan mesin ini, top!
3. Mitsubishi 4G63T
Mesin 4G63T merupakan salah satu mesin yang menjadi
incaran car enthusiast dan termasuk mesin yang legendaris. Mesin 4G63T identik
dengan lini andalan Mitsubishi dalam kategori sports car yakni Lancer
Evolution. Wajar saja, mesin 4G63T telah menjadi jantung pacu mulai dari Lancer
Evolution I - IX.
Pada Lancer Evolution I mesin 4G63T mampu menghasilkan
247 HP. Mesin tersebut terbukti kuat dan sangat cocok dengan Lancer Evolution.
Saking tangguh dan bagusnya mesin ini dari tahun
1992-2007 Mesin 4G63T basenya tetap sama hanya dibutuhkan beberapa penyesuaian
saja. Teknologi MIVEC andalan Mitsubishi pun baru digunakan pada mesin 4G63T
Lancer Evolution IX.
4. Honda B16B
Mesin B16 merupakan mesin pertama yang diproduksi Honda
untuk seri B-nya dan sudah dilengkapi teknologi VTEC. Salah satu yang paling
spesial adalah mesin B16B dimana mesin ini memiliki dudukan yang cocok dengan
Honda Civic tahun 90-an.
Hal ini membuat mesin B16B sering menjadi bahan swap
engine untuk mobil Honda Civic Estilo atau Genio. Hasilnya, mobil tersebut
kerap menjadi jawara dalam ajang balap Drag Race.
5. Toyota 4AGE
Mesin Toyota 4A-GE adalah mesin dari hasil pengembangan
bersama Yamaha Motor Corporation. Yamaha sendiri beranggung jawab sebagai
developer cylinder head. 4A-GE diproduksi dari Mei 1983 sampai tahun 1991 untuk versi 16 Valve dan terakhir tahun 1998
untuk versi 20 Valve.
Dari awal research and development, mesin Toyota 4A-GE
ditujukan sebagai mesin kompak dengan Performa Tinggi yang hanya bermodalkan
kubikasi 1.6 L dan banyak ditemui pada generasi sedan Toyota Corolla, Toyota
Levin/Trueno dan juga Toyota Sprinter.
Meski demikian, mesin 4A-GE dan 4A-GZE masih sering muncul
di ajang balapan, paling gila tentu 4A-GE spek Formula Atlantic yang tenaganya
dipentokin hingga 240 dk!
Nah, itulah deretan mesin mobil yang sering dipakai dalam
ajang balapan. Kamu suka yang mana nih?
Komentar
Posting Komentar